Minggu, 14 Oktober 2012

Membangun Bisnis Dengan Passion !




Dalam keseharian kita, secara tidak sengaja seringkali kita mendapat pertanyaan : “Passion Anda Dimana?” Atau “Minat Anda Apa?”. Pertanyaan ini mudah, namun kadang susah menjawabnya, walau jawabannya sudah diujung lidah. Padahal, sebagai seorang entrepreneur, kita harus memiliki passion, atau paling tidak berkenalan dulu
 dengan yang namanya passion…

Passion harus menjadi landasan kita dalam berbisnis, terutama jika bisnis kita ingin besar, berkelimpahan dan berkelanjutan. Dalam materi mentoring bisnis TDA, passion adalah  bagian dari Foundation. Passion adalah pondasi kita dalam membangun bisnis. Seperti kita ketahui, dalam How To Grow Your Business-nya pak Teguh Wibawanto (Hydro Water Spicialist) yang juga Mentor TDA Pusat, ada lima  langkah dalam membangun bisnis yaitu : 1. Foundation, 2. Marketing & Sales, 3. System & Technology, 4. Human Capital dan 5. Manager. Untuk memperdalamnya, 5 Langkah ini akan didapatkan dalam Kelompok Mentoring Bisnis TDA Bogor.    

Arti Passion sendiri  menurut KBBI atau Wikipedia adalah Gairah, Semangat, Antusias atau Keinginan yang sangat besar
Passion pulalah yang membuat Al Muas atau yang kita kenal dengan Pak Muas, owner dari Brilliant Student, mengembangkan usaha bimbingan belajar hingga menjadi seperti sekarang ini. Berawal dari keinginan yang kuat untuk membantu siswa-siswi kita dalam memahami pelajaran, agar bisa belajar dengan bebas tidak terikat dengan waktu dan tempat, pak Muas mengembangkan pembuatan CD pembelajaran siswa di akhir 2008. Dengan CD tersebut, maka siswa kan mendapatkan penjelasan secara live materi pelajaran  Matematika, IPA, Bahasa Inggris dll untuk SD, SMP dan SMA,   seolah olah berhadapan dengan Guru secara langsung. 

Karena passionnya di bidang pendidikan/education yang begitu kuat, ditambah dengan berbagai peluang, seperti permintaan bimbingan privat, membantu pengayaan materi pelajran di sekolah-sekolah yang menjadi clientnya, akhirnya mendorong jiwa entreprenership pak Muas untuk membuat sebuah bimbingan belajar…, kemudian diakhir 2010 lahirlah Briliant Student atau sekarang dikenal dengan BS.
  
BS adalah sebuah Education Enginering  yang mengajarkan belajar dengan logika dan hati yang akan membawa misi besar pendidikan . Tanpa passion yang menjiwai gerak langkah  bisnis pak Muas, rasa-rasanya nya  BS belum akan sebesar sekarang ini. Tanpa terasa, dalam dua tahun  Brilliant Student, dengan positioningnya “ Bimbingan Belajar Dengan Teknik Optimasi Kecerdasan”, telah menjadi Bimbel yang diperhitungkan dikota Bogor. Hal ini terbukti dengan banyak para  alumninya telah mendapatkan  beragam prestasi dan diterima  sekolah-sekolah  terbaik.Tentu saja ini membuat ketar-ketir para kompetitor...

Passion yang kuat , benar-benar saya temukan dalam sosok Ketua TDA Bogor Raya ini. Hampir setiap hari jika bertemu, obrolannya nggak jauh-jauh dari pendidikan.. Berbagai konsep pengembangan bisnisnya kedepan pernah disampaikan dengan semangat 101% ... (karena kalau kurang dari 100% sama dengan 0%...kata pak Samsul Arifin). Kalau sedang semangat, Pak Ketua yang selalu ditemani istri tercintanya, Ibu Wina, bisa  bekerja terus menerus…, terkadang sampai nggak  kenal waktu. Bisa pulang jam 9.00 malam, jam 12.00 malam, bahkan sering juga pulang pagi …!!”. Sungguh passion menjadi  energy yang sangat luar biasa..

Dalam satu tahun kedepan, rencana nya Brilliant Student akan segera membuka cabang-cabang, semoga cepat terlealisasi!!

Hampir setiap bulan passion ini  selalu dibawa-bawa pak Muas sampai ke ruang kelas Kelompok Mentoring Bisnis 01 TDA Bogor. Tanpa passion, Rasanya KMB kita tidak mungkin bisa berjalan sampai hampir satu tahun…! Tanpa Passion, Rasanya mustahil kita dapat membesarkan bisnis …
Tanpa Passion, Rasanya……………………………….      (Silahkan teman-teman isi sendiri….) So...Apa Passion Anda?? DONNIE &  Partners- Marketing Communication   I  Event.

1 komentar:

  1. Ass. Menarik sekali inform,asi yang di sampaikan , semoga kedepan setealh saya bergabung di tda Bogor Raya bisa berkenalan dengan Bapa. Terima kasih.

    BalasHapus