FAQ


Anda member baru dan ada banyak pertanyaan mengenai TDA ? Berikut kami berikan penjelasan ‘all about’ TDA lewat FAQ (Frequently Ask-Question) .

Q : Bagaimana caranya menjadi anggota TDA ?
A : Silahkan isi formulir pendaftaran member di TDA Center Bogor Raya (Jl. Kh. Abdullah Bin Nuh No. 112, Ruko Sektor 6 Yasmin Raya, Bogor) atau mengirim email kosong dengan subject "Form Membership" ke tdabogor@yahoo.com. Kami akan kirimkan formulirnya via email.

Q : Berapa biaya yang dibutuhkan untuk menjadi anggota TDA Bogor ? Seperti biaya pendaftaran.
A : Terdapat biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000,-(dapat dibayar tunai di TDA Center atau via Transfer) yang nantinya akan digunakan untuk membiayai operasional TDA Center. Sedangkan untuk acara/kegiatan TDA Bogor , biaya keikutsertaan akan timbul sesuai tipe acara/kegiatan namun kami berupaya meminimalisirnya.

Q : Sudah berapa jumlah anggota TDA Bogor saat ini ?
A : sekitar 200an orang

Q : Apa saja kegiatan di TDA ?
A : Pada umumnya kegiatan TDA berisi motivasi untuk berbisnis. Bisa dalam bentuk seminar, talkshow, workshop, wisata/kunjungan bisnis, pameran/bazaar bersama, chat conference, buka puasa bersama, mastermind, kerjasama bisnis, pelatihan, pengajian, nonton bareng, milad/anniversary dan sebagainya.

Kegiatan Rutin di TDA Bogor :

KMIB :
KMIB merupakan program wajib untuk registered member TDA Bogor yang ingin mengikuti kegiatan KMB dan Geng. KMIB dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan (08.30 – 16.00). Kegiatan ini merupakan program pengenalan TDA dan bertujuan untuk menyamakan visi misi bisnis anggota dengan visi misi bisnis yang dianut oleh TDA. Bagi member yang belum memiliki bisnis, diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini dapat segera action untuk memulai bisnisnya dan bagi member yang sudah memiliki bisnis, dapat terinspirasi untuk membesarkan bisnisnya.

KMB :
KMB atau Kelompok Mentoring Bisnis merupakan kegiatan mentoring yang dilakukan setiap sebulan sekali selama 1-2 tahun. Peserta mentoring terdiri dari seorang Guru/Mentor dan 5-7 orang Murid/Mentee. Harapannya, setelah mengikuti kegiatan Mentoring, Bisnis Mentee dan Mentornya akan semakin Meningkat.

Geng Imers :
Merupakan Klub atau perkumpulan member TDA Bogor Raya yang memiliki ketertarikan khusus dan mendalam terhadap Internet Marketing. Kegiatannya dilaksanakan setiap 1 bulan sekali, hari rabu di minggu pertama.

Geng Fashion :
Merupakan Klub atau perkumpulan member TDA Bogor Raya yang memiliki ketertarikan khusus dan mendalam terhadap Fashion baik itu Produsen, Distribusi atau Retailer. Kegiatannya dilaksanakan setiap 2-3 bulan sekali.

Geng Kuliner :
Merupakan Klub atau perkumpulan member TDA Bogor Raya yang memiliki ketertarikan khusus dan mendalam terhadap Kuliner. Kegiatannya dilaksanakan per batch. Dengan masing-masing batch berjarak antara 3-4 bulan sekali.

Forum Bisnis :
Kegiatan sharing bisnis bersama dengan pengusaha-pengusaha atau ekspert guna memberi inspirasi atau menambah skill member. Kegiatan dilaksanakan 2 bulan sekali.




Q : Apakah khusus hanya untuk kalangan wirausaha ?
A : TDA Bogor terbuka untuk umum namun memang bertema khusus yaitu entrepreneurship/ wirausaha. Terbuka bagi peminat, pengamat dan praktisi wirausaha. Bagi yang sedang dan akan ber-wirausaha.

Q : Apakah khusus hanya untuk Muslim ?
A : Arti kata TDA yaitu Tangan Di Atas memang diambil dari intisari ajaran agama Islam bahwa ‘tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah’ dan dicetuskan oleh sesepuh alias founding father TDA yaitu Haji Ali/Alay, pebisnis senior dari Tanah Abang. Namun demikian TDA terbuka bagi agama apapun.

Q : Apa yang dimaksud TDA adalah komunitas yang ‘action oriented’ ?
A : TDA berupaya menanamkan bahwa segala teori bisnis tidak akan ada gunanya tanpa dipraktekkan. TDA termasuk milisnya menjauhi teori dan diksusi semata. Itulah sebabnya milis TDA lebih menekankan kerja nyata atau merupakan jaringan kerja. Milis hanyalah sebagai sarana pertukaran informasi dan komunikasi serta sharing. Anggota TDA juga dituntut untuk memiliki kelompok Mastermind.

Q : Apakah kelompok Mastermind itu ?
A : Kelompok Mastermind adalah sekelompok anggota TDA yang berkumpul secara periodik untuk saling berdiskusi dan sharing. Bisa per-wilayah untuk mempermudah komunikasi dan pertemuan, sesuai jenis bisnisnya, sesama besar bisnis/omset tertentu atau apapun yang dianggap sesuai.
Kegiatan Mastermind tidak aktif (tidak ada) di Wilayah Bogor.

Q : Mengapa anggota TDA dihimbau memiliki blog ?
A : Tujuannya adalah agar anggota online TDA bisa menja dikan blog nya sebagai sarana saling berbagi baik itu pengalaman maupun ilmu bisnis yang berguna bagi anggota lainnya. Tujuan lainnya adalah sebagai rekam jejak perjalanan bisnisnya sehingga bisa ditiru atau menjadi inspirasi bagi anggota lainnya.

Q : Dimana saya bisa mendapatkan informasi blog-blog para anggota TDA ?
A : Bisa dilihat pada Blog Network di web TDA atau melalui Blogroll yang ada pada setiap blog anggota TDA.

Q : Bagaimana caranya bergabung dengan mailing-list (milis) TDA Bogor ?
A : Silahkan langsung bergabung. Tidak ada syarat tertentu

Q : Jadi, sudah berapa lama TDA berdiri ?
A : TDA berdiri pada 22 Januari 2006, jadi usianya masih tergolong muda. Namun Alhamdulillah sudah cukup banyak yang telah dilakukan untuk mewarnai dunia wirausaha di Indonesia. Dengan sumber daya anggota yang besar, inspirasional, kegiatan yang praktis dan aplikatif Insya Allah bisa memberikan manfaat bagi anggotanya.

Q : Apakah memang TDA adalah komunitas untuk dunia maya/online/ cyber ?
A : Berdirinya TDA memang berawal dari dunia maya/cyber yaitu dari penggemar artikel kewirausahaan di blog founder TDA, Roni Yuzirman, di http://www.roniyuzi rman.com/ namun pada perjalanannya TDA memposisikan diri sebagai sebuah jaringan kerja yang justru pergerakannya lebih banyak pada dunia nyata/offline.
Web dan milis hanya dijadikan sebagai sarana pertukaran informasi dan koordinasi. Kesuksesan member dalam dunia bisnis diharapkan lebih cepat diraih jika bisa bertemu dan bekerja dalam tataran offline seperti silaturahim, mengikuti workshop/seminar/ training/ talkshow, kelompok mastermind dll.

Q : Apakah TDA ada di daerah, tidak hanya di Bogor ?
A : Ya, saat ini TDA sudah tersebar di beberapa daerah di Indonesia bahkan di luar negeri.Perlu dicatat bahwa komunitas TDA tidak bermaksud membuat semacam cabang atau berupaya menyaingi kelompok-kelompok/ komunitas bisnis yang sudah ada. Diharapkan, cukuplah spirit Tangan Di Atas bisa dikembangkan dan diaplikasikan di daerah dan kelompok masing-masing.



Semoga bermanfaat.


Wassalam.
Sekretariat TDA Bogor Raya

2 komentar:

  1. apakah ketika saya daftar di bogor raya, saya bisa ikut koptar tda di daerah lain??

    BalasHapus