Selasa, 25 Juni 2013

KMIB 03 – First step to ultimate your business

Mulanya saya belum mengetahui apa itu KMIB, hanya mengiyakan ajakan Teh Nisa Heejou untuk mengikuti KMIB pada hari Sabtu, 11 Mei 2013. Pada akhirnya saya mencari tau sendiri tentang KMIB dan TDA. Sudah lama memang saya mencari komunitas yang sesuai untuk mengembangkan potensi dan minat saya. Semoga ini adalah komunitas yang tepat.



Hari pertama KMIB 03, saya bertemu dengan wajah-wajah baru, hanya 2 wajah yang saya kenal saat itu, selebihnya benar-benar asing. Antusias dan optimis, itulah yang saya rasakan di awal jumpa. Benar saja, sikap antusias itu membawa saya menjadi pemenang games perkenalan dari pembicara pertama, Bpk. Boni Shallahudin. Saya mencatat setiap peserta yang memperkenalkan diri dalam buku, jadi saat games, ingatan itu masih melekat..alhamdulillah jadi pemenaang, hehehe… :D (bisa jadi tips, tapi jangan ngintip buku saat games berlangsung yaa..supaya fair jadinya). Saya pun mendapat hadiah berupa Buku “ON” karya terbaru Bpk. Jamil Azzaini, motivator yang saya kagumi. Nice J

Ada 4 materi yang disampaikan dalam rangkaian KMIB 03: 1) Mindset oleh Bpk. Boni Shallahudin; 2) Habbit oleh Bpk. Boni Shallahudin; 3) BMC (Business Model Canvas) oleh Bpk. Al Muaz; dan 4) Sharing Inspirasi Bisnis oleh Bpk. Anjar Buwono. Pertemuan diadakan rutin 2 minggu sekali setiap hari Sabtu pukul 09.00-16.00. Setiap pertemuan selalu ada home funnya..hmm..pokoknya dibuat fun aja deh, hehe…dan alhamdulillah terbukti fun. J sejak pertemuan pertama, dibuat komitmen bersama yang ditulis masing-masing peserta, apabila mereka datang terlambat, tidak mengerjakan home fun, dan bila telepon genggamnya berbunyi. Semuanya berdasar pada komitmen dan kedisiplinan peserta..sekaligus melatih habbit juga nii J


 Keikutsertaan saya dalam KMIB ini sangat terasa manfaatnya. Semangat meningkat, relasi semakin luas, pengetahuan dan wawasan bertambah, pundi-pundi pun bertambah..hehehe…Alhamdulillah. Saat memperkenalkan diri sebagai Devi “Pisang” (produsen aneka olahan pisang) dengan sambilan sebagai desainer grafis. Berawal dari satu rekan KMIB yang memakai jasa saya..berlanjut ke rekan-rekan yang lainnya. Akhirnya, desain grafis yang sebelumnya hanya hobby, ternyata mendatangkan keuntungan dan kemanfaatan yang lebih tinggi dibandingkan bisnis yang sedang berjalan (keripik pisang). Setelah berdiskusi dengan orang tua dan para sahabat, saya pun memantabkan diri untuk menekuni desain grafis sebagai bidang usaha saya.


Di komunitas ini, saya mendapatkan teman-teman yang memiliki keinginan berbagi luar biasa, tidak hanya berbagi ilmu, tetapi juga berbagi rizki melalui program-program sosialnya, serta saling membantu mengangkat usaha rekan-rekannya melalui “Beli TDA” hehehe… Di sini kami juga belajar, bahwa bisnis tidak semata sebagai alat meraup keuntungan di dunia tetapi juga untuk meraih akhirat. Nilai-nilai spiritual pun dijunjung tinggi. Semoga usaha kita semua bisa mendatangkan kemanfaatan dan keberkahan bagi umat dan semesta. Aamiin.  


[Devi Novi Astuti | Desain Apik | KMIB 03]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar